Berita

Survey Penjajakan Ekspektasi Peran BKPRN

Kegiatan Survey Penjajakan Ekspektasi Peran BKPRN dilaksanakan pada hari Selasa, 17 Februari 2015 di Provinsi DIY. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendapatkan gambaran ekspektasi peran dan kelembagaan BKPRN mendatang menurut pandangan BKPRD Provinsi DIY, Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, dan BKPRD Kabupaten Kulon Progo (paska terbentuknya kementerian ATR).

Kelembagaan PPNS Bidang Penataan Ruang

Pada tanggal 11 Februari 2015, Sekretariat Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional (Sekretariat BKPRN) menginisiasi pertemuan tingkat Eselon II dalam rangka peningkatan peran Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) bidang tata ruang yang dipimpin oleh Direktur Tata Ruang dan Pertanahan, Kementerian PPN/Bappenas sekaligus selaku Ketua Tim Pelaksanaan Sekretariat BKPRN, Ir. Oswar Mungkasa, MURP. Pertemuan yang diselenggarakan di Ruang SG-5, Kementerian PPN/Bappenas bertujuan untuk mendapatkan gambaran kondisi terkini kelembagaan PPNS bidang penataan ruang dan masukan dalam rangka peningkatan kapasitas kelembagaan PPNS bidang penataan ruang.

Rapat Eselon II BKPRN: Finalisasi Laporan BKPRN 2009 - 2014

Jakarta, 21 Januari 2014. Dalam rangka evaluasi pelaksanaan tugas BKPRN selama 5 tahun terakhir, Kementerian PPN/Bappenas selaku Sekretariat BKPRN menyelenggarakan rapat koordinasi tingkat Eselon II, untuk mengkonfirmasi laporan kegiatan BKPRN 2009 – 2014 sekaligus menjaring masukan dan perbaikan dari seluruh perwakilan anggota BKPRN yang terkait.

Evaluasi Penggunaan e-BKPRN

Jakarta, (15/12). Dalam rangka mengevaluasi penggunaan sistem e-BKPRN yang telah disosialisasikan selama tiga bulan terakhir, Kementerian PPN/Bappenas yang bertindak selaku Sekretaris Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional (BKPRN), mengadakan pertemuan dengan mengundang focal point sekaligus user e-BKPRN untuk empat pokja BKPRN, di Jakarta, (15/12).

Penyelesaian Penguasaan Tanah HGU di dalam Kawasan Hutan pada Provinsi Kalimantan Selatan

Jakarta, (04/12) Kementerian PPN/Bappenas selaku Sekretaris BKPRN kembali memfasilitasi pertemuan koordinasi BKPRN guna menyelesaikan Rancangan Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Kalimantan Selatan. Pertemuan diselenggarakan pada tanggal 4 Desember 2014 di Ruang Rapat SS 1-2, Gedung Kementerian PPN/Bappenas dipimpin oleh Direktur Tata Ruang dan Pertanahan, Kementerian PPN/Bappenas. Pertemuan tersebut membahas upaya penyelesaian mengenai keberadaan perizinan perkebunan yang berada di dalam Kawasan Hutan.

Smart Planning Approach: Fokus pada Keterbukaan Informasi

Jakarta, (27/11). Sekretariat Badan Koordinasi Penatanaan Ruang Nasional (BKPRN), Kementerian PPN/Bappenas bekerjasama dengan Tim Dana Mitra Lingkungan mengadakan seminar mengenai Pengenalan Smart Planning Approach dan Keterkaitannya dengan Penataan Ruang.

Penyediaan Peta Skala Besar, Upaya Percepatan Penyelesaian Rencana Rinci Tata Ruang

Dalam rangka percepatan penyelesaian Rencana Rinci Tata Ruang (RRTR), Sekretariat Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional (BKPRN) melakukan fasilitasi dan koordinasi dengan Kementerian/Lembaga di tingkat Eselon II untuk melakukan pembahasan dan konfirmasi mengenai prioritas (kriteria dan lokasi) RRTR untuk tahun 2015-2019

Rapat Eselon II BKPRN: Percepatan Raperda Kalimantan Selatan

Jakarta, (13/11). Dalam rangka koordinasi penyelesaian Rancangan Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Kalimantan Selatan 2013 - 2033, Sekretariat Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional (BKPRN) melakukan fasilitasi dan koordinasi dengan Kementerian/Lembaga untuk melakukan pembahasan dan konfirmasi terhadap peta dasar dan pola ruang kehutanan yang menjadi permasalahan dalam Rancangan Perda RTRW Provinsi Kalimantan Selatan.

Geopark dan Keterkaitannya dengan Penataan Ruang

Jakarta [12/11]. Badan Geologi, Kementerian ESDM mensosialisasikan konsep Geopark di dalam forum Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional (BKPRN). Konsep ini menjadi salah satu usulan pengembangan pemanfaatan ruang di dalam penataan ruang nasional. Melalui rapat ini diharapkan seluruh anggota BKPRN memahami lebih dalam konsep geopark dan mampu menyikapi usulan pemanfaatan ruang yang semakin beragam. Narasumber yang dihadirkan, yaitu Penyelidik Bumi Utama, Badan Geologi, Oki Oktariadi, dan dihadiri oleh seluruh anggota BKPRN.

Puncak Peringatan Hari Tata Ruang Nasional Tahun 2014

Jakarta, (09/11), Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional berssama dengan Kementerian/Lembaga menyelenggarakan kegiaatan puncak peringatan Hari Tata Ruang Nasional Tahun 2014 yang diadakan di Desa Wisata, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Adapun tema yang diusung pada peringatan Hari Tata Ruang 2014 adalah "Penataan Ruang yang Partisipatif dan Berkeadilan." Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh SKPD bidang Penataan Ruang di 33 Provinsi beserta Pelopor Tata Ruang di 33 Provinsi.

<< First | < Previous | 1 2 3 ... 30 | Next > | Last >>

Foto

Penutupan BKPRN
Penutupan Pemda
Sidang Komisi III
Sidang Komisi II
Sidang Komisi I
Paparan Eselon I