Evaluasi Penggunaan e-BKPRN

Jakarta, (15/12). Dalam rangka mengevaluasi penggunaan sistem e-BKPRN yang telah disosialisasikan selama tiga bulan terakhir, Kementerian PPN/Bappenas yang bertindak selaku Sekretaris Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional (BKPRN), mengadakan pertemuan dengan mengundang focal point sekaligus user e-BKPRN untuk empat pokja BKPRN, di Jakarta, (15/12).

e-BKPRN adalah sistem informasi berbasis internet yang dikelola oleh Sekretariat BKPRN dan dapat diakses oleh seluruh organ BKPRN. Sebagai implementasi Kepmen PPN/Kepala Bappenas No. KEP.46/M.PPN/HK/03/2013 tentang Pedoman Tata Kerja Sekretariat BKPRN (SOP BKPRN), e-BKPRN berfungsi sebagai wadah komunikasi berbasis internet antar-organ BKPRN. Adapun fungsi e-BKPRN secara umum, antara lain: (1) sebagai media kerja elektronik (e-office) untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja BKPRN; (2) sebagai media penyebarluasan informasi (e-public relation) kepada publik; dan (3) menyediakan fasilitas shared folder untuk berbagi informasi dan dokumentasi antar-organ BKPRN.

Adapun yang dievaluasi meliputi beberapa poin sebagai berikut: (i) sistem informasi persuratan e-BKPRN yang terdiri atas surat masuk dan surat keluar serta manajemen dokumen; (ii) sistem informasi persidangan e-BKPRN yang memuat seluruh rencana kegiatan BKPRN; dan (iii) sistem informasi bersama e-BKPRN yang di dalamnya memberikan informasi untuk memperoleh peta bidang tata ruang.

Pada pertemuan tersebut disampaikan bahwa sistem e-BKPRN belum digunakan secara optimal. Masih ada focal point dari dua pokja yang belum aktif, sehingga penggunaan sistem tersebut masih timpang. Ke depan, diusulkan agar sistem ini tidak terbatasi dengan pembagian pokja karena informasi kegiatan bersifat umum untuk seluruh anggota BKPRN.

Sementara terkait dengan peta, BIG diharapkan dapat lebih aktif untuk menginformasikan berbagai peta yang telah dimiliki, sehingga informasi peta dapat dimiliki oleh seluruh anggota BKPRN dan mewujudkan kesamaan informasi terhadap peta penataan ruang. Lebih lanjut, sistem e-BKPRN diusulkan untuk dilengkapi dengan aplikasi yang lebih menarik dan atraktif sehingga dapat menarik minat para anggota BKPRN untuk lebih aktif dalam menggunakan sistem yang telah dibangun ini. Sistem e-BKPRN ini direncanakan untuk disosialisasikan kepada seluruh anggota BKPRN pada rapat awal tahun 2015. [OC/AY]

 

Berita Terkait