Rapat Eselon II BKPRN: Finalisasi Laporan BKPRN 2009 - 2014

Jakarta, 21 Januari 2014. Dalam rangka evaluasi pelaksanaan tugas BKPRN selama 5 tahun terakhir, Kementerian PPN/Bappenas selaku Sekretariat BKPRN menyelenggarakan rapat koordinasi tingkat Eselon II, untuk mengkonfirmasi laporan kegiatan BKPRN 2009 – 2014 sekaligus menjaring masukan dan perbaikan dari seluruh perwakilan anggota BKPRN yang terkait.

Penyusunan laporan BKPRN tersebut sesuai dengan amanat penyusunan laporan pada Keppres No. 4 Tahun 2009 tentang Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional (BKPRN) Pasal 10, yang menyebutkan “BKPRN melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada Presiden secara berkala setiap 6 (enam) bulan.”

Selanjutnya, Kementerian Perekonomian selaku Ketua BKPRN akan melaporkan pelaksanaan tugas BKPRN secara tertulis kepada Presiden, hal ini sesuai dengan Permenko No. Per-02/M.EKON/10/2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja BKPRN Pasal 6 “Ketua BKPRN melaporkan pelaksanaan tugas BKPRN secara tertulis kepada Presiden secara berkala setiap 6 (enam) bulan.”

Laporan Kegiatan BKPRN Semester 2 Tahun 2014 membahas kegiatan BKPRN periode tahun 2009 – 2014 yang mengacu kepada: (i) Pelaksanaan Agenda Kerja BKPRN sejak tahun 2009 hingga 2014; (ii) Laporan semester kepada Presiden; dan (iii) Penugasan lain sesuai dengan isu penataan ruang yang berkembang.

Adapun beberapa hal yang dibahas dalam laporan tersebut meliputi: (i) Struktur, Capaian, dan Tantangan; (ii) Fasilitasi Penyelesaian Peraturan Perundangan Bidang Penataan Ruang; (iii) Penguatan Kelembagaan Penataan Ruang Nasional dan Daerah; (iv) Pendayagunaan Penataan Ruang Nasional dan Daerah; serta (v) Penyelesaian sengketa dan konflik pemanfaatan ruang.

Kelembagaan BKPRN

Kehadiran Kementerian Agraria dan Tata Ruang di akhir tahun 2014 telah memberi warna baru bagi bidang tata ruang dan menjadikan kehadiran BKPRN sebagai badan koordinasi yang harus kembali dipertimbangkan. Namun demikian, pada perkembangannya ke depan, perlu dipertimbangkan pula apakah kemudian Kementerian Agraria dan Tata Ruang dapat mengemban secara utuh tugas dan fungsi BKPRN, sehingga keduanya dapat saling melengkapi dan mendukung satu sama lain. Dengan demikian, penyelesaian konflik dan sengketa dalam pemanfaatan dan pengendalian penataan ruang dapat diselesaikan dengan baik. [AY]

 

Berita Terkait