Berita Terbaru

Geopark dan Keterkaitannya dengan Penataan Ruang

14.11.2014 | | tidak ada komentar

Jakarta [12/11]. Badan Geologi, Kementerian ESDM mensosialisasikan konsep Geopark di dalam forum Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional (BKPRN). Konsep ini menjadi salah satu usulan pengembangan pemanfaatan ruang di dalam penataan ruang nasional. Melalui rapat ini diharapkan seluruh anggota BKPRN memahami lebih dalam konsep geopark dan mampu menyikapi usulan pemanfaatan ruang yang semakin beragam. Narasumber yang dihadirkan, yaitu Penyelidik Bumi Utama, Badan Geologi, Oki Oktariadi, dan dihadiri oleh seluruh anggota BKPRN.

Puncak Peringatan Hari Tata Ruang Nasional Tahun 2014

10.11.2014 | | tidak ada komentar

Jakarta, (09/11), Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional berssama dengan Kementerian/Lembaga menyelenggarakan kegiaatan puncak peringatan Hari Tata Ruang Nasional Tahun 2014 yang diadakan di Desa Wisata, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Adapun tema yang diusung pada peringatan Hari Tata Ruang 2014 adalah "Penataan Ruang yang Partisipatif dan Berkeadilan." Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh SKPD bidang Penataan Ruang di 33 Provinsi beserta Pelopor Tata Ruang di 33 Provinsi.

Kementerian Pertahanan dan Keamanan Siap Menjadi Pemrakarsa RUU PRUN

31.10.2014 | | tidak ada komentar

Sebagai bagian dari tindaklanjut lokakarya penyusunan Regulasi Pengelolaan Ruang Udara Nasional (6/10), Sekretariat BKPRN pada tanggal 27 Oktober 2014 mengadakan rapat konsolidasi teknis Inisiasi Penyusunan Regulasi Pengelolaan Ruang Udara Nasional yang diselenggarakan di Ruang serkretariat BKPRN, Gedung Bappenas, Senin, (27/10). Kegiatan ini dihadiri oleh Kasubdit Tata Ruang Kementerian PPN/Bappenas, Mia Amalia, PhD; Direktorat Pertahanan dan Keamanan, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Pertahanan dan Keamanan, dan Sekretariat BKPRN.

Kunjungan Kerja DPRD Provinsi Kalimantan Selatan

31.10.2014 | | tidak ada komentar

Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah Propinsi (RTRWP) dan kabupaten/kota (RTRWK) sangat terkait dengan penataan dan keberadaan kawasan hutan. Penyusunan RTRWP masih menyisakan persoalan terkait dengan penyelesaian yang berlarut-larut terhadap usulan revisi dari beberapa pemerintah provinsi. Hal tersebut mengemuka pada kunjungan kerja yang diakukan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kepala Bappeda Pemerintah Propinsi Kalimantan Selatan ke Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan, Kementerian PPN/Bappenas, Selasa, (28/10).

Dinner Meeting Eselon I BKPRN: Persiapan Hari Tata Ruang Nasional

21.10.2014 | | tidak ada komentar

Peringatan Hari Tata Ruang yang jatuh pada 8 November telah dilakukan di Indonesia sejak 2008 dengan mengusung tema permasalahan-permasalahan penataan ruang. Aspek penataan ruang di Indonesia telah memiliki piranti regulasi yang memadai dengan adanya UU No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang. Melalui peraturan tersebut, pemerintah berupaya mendorong pemanfaatan ruang di Indonesia sesuai dengan kapasitas daya dukungnya.